Total Tayangan Halaman

Rabu, 01 Juni 2011

Beragam Versi WCU

REPUBLIKA, 15042011

Ada beberapa versi world class university (WCU) dengan tolok ukurnya masing-masing. Tiap-tiap perguruan tinggi bisa memilih versi mana yang cocok dan sesuai dengan kemampuan masing-masing.

Di bawah ini beberapa versi WCU:
1. Versi Webometrics
Tolok ukur : Mengacu seberapa banyak website PT yang bersangkutan diakses pengguna internet. Semakin tinggi hits diunduh publik, memungkinkan PT menempati ranking atas.
Persyaratan : PT tersebut memperkuat jaringan website. Seluruh kegiatan akademik - penelitian, jurnal, seminar, kajian ilmiah, dan karya tulis berupa buku - maupun nonakademik di-upload di website. Ini untuk mengajar agar diakses seluruh dunia.

2. Versi standar Shanghai Jiaotong University, Cina
Tolok Ukur : Seberapa banyak jumlah profesor atau peneliti di kampus yang bersangkutan yang mendapatkan hadiah Nobel.
Persyaratan : Memperbanyak kegiatan penelitian, sehingga penelitiannya bisa memperoleh Nobel.

3. Versi badan dunia PBB, Unesco
Tolok Ukur : Perguruan tinggi yang bersangkutan memiliki sarana dan prasarana pendukung, serta kualifikasi jumlah tenaga pengajar memadai.
Persyaratan : Mengejar standar sarana dan prasarana, dan dosen memadai.

Menurut Rektor Universitas Al-Azhar Indonesia (UAI), Prof Dr Zuhal, ada lima kriteria sebuah universitas dapat memperoleh gelar world class university (WCU) : kualitas penelitian, kualitas proses belajar, ada lima fakultas yang bertaraf internasional dan menggunakan bahasa Inggris, ada kerja sama dengan internasional, dan lulusannya mudah mendapatkan pekerjaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar